ProfilDivisiSumberDayaManusia
Secara struktur organisasi bank bjb, Divisi SDM berada di bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko.
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank bjb untuk melakukan proses rekruitmen, pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Demi mendukungvisi & misidi bank bjb dalam melaksanakan langkah-langkah strategis yang tepat untuk bersaing di pasar global, makafungsi SDM dituntut untuk dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan.
Sumber Daya Manusia bank bjb harus menempatkan fungsinya mendukung unit bisnis & supportdengan peran sebagai berikut :
- Mitra Bisnis Strategis : mempunyai kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang pencapaian kinerja setiap unit kerja.
- Tertib Administrasi : memiliki data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan SDM.
- Agen Perubahan : mampu menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan secara efektif.,
- Budaya Perusahaan : Sesuai dengan corporate values bank bjb “GO SPIRIT”, pegawai harus bisa mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan. Budaya perusahaan bank bjb memiliki 14 butir perilaku, sebagai berikut:
- Ramah, Tulus, Kekeluargaan
- Selalu memberikan pelayanan prima
- Cepat, tepat, dan akurat
- Kompeten & bertanggung jawab
- Memahami & melaksanakan ketentuan perusahaan
- Konsisten, disiplin, dan penuh semangat
- Menjaga citra bank melalui perilaku terpuji & menjunjung tinggi etika
- Fokus pada nasabah
- Peduli pada lingkungan
- Memberikan solusi yang terbaik
- Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri
- Menyukai perubahan yang positif
- Menumbuhkan transparansi, kebersamaan, dan kerjasama yang sehat
- Menjaga rahasia bank & perusahaan
Skema manajemen SDM dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
B. Grup Perencanaan & Pengembangan SDM
Divisi SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut :
Grup Perencanaan & Pengembangan SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
- Perencanaan : Merencanakan kebutuhan SDM dengan baik sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan, mengembangkan & mendorong karir pegawai berdasarkan kompetensi & kinerjanya melalui berbagai kegiatan pembinaan & kesempatan pengisian jabatan.
- Rekruitmen :Melakukan proses seleksi, rekrutmen & penempatan secara efektif untuk mengisi kebutuhan perusahaan.
- Pengembangan : Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk program pengembangan karyawan secara periodik.
C. Grup Administrasi SDM
Dalam proses manajemen SDM, Grup Administrasi SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
- Administrasi & Hubungan Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Sistem Informasi SDM : Mengelola Databasekepegawaian dan proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.
- Kompensasi & Pensiun : Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku.
- Outsourcing / PKWT : Untuk lebih mendukung kinerja perusahaan dan pelaksanaan fungsi-fungsi dan rantai pekerjaan, maka dibutuhkan support yang dilaksanakan melalui tenagaoutsourcing / PKWT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar